Berita

  1. VADS
  2. Berita
  3. Inilah Kegunaan Voice AI di Bidang Perbankan: Solusi Cerdas untuk Layanan 24/7

Inilah Kegunaan Voice AI di Bidang Perbankan: Solusi Cerdas untuk Layanan 24/7

22 September 2025

Temukan manfaat Voice AI di perbankan: dari penagihan, pencegahan penipuan, hingga customer support. Tingkatkan efisiensi & pengalaman nasabah.

Image of Inilah Kegunaan Voice AI di Bidang Perbankan: Solusi Cerdas untuk Layanan 24/7

Kegunaan Voice AI di Bidang Perbankan

Di era teknologi saat ini, nasabah ingin mendapatkan layanan yang cepat, personal, dan aman. Untuk itulah Voice AI hadir dalam bidang perbankan untuk menjawab semua kebutuhan nasabah tersebut. Menariknya lagi di bidang perbankan, saat ini Voice AI juga didukung oleh Generative AI dan Large Language Models (LLM) untuk memahami bahasa alami, melakukan percakapan multi turn, dan mengelola tugas-tugas sensitif dengan aman dan berskala besar. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepuasan nasabah, mengurangi churn, dan meningkatkan jumlah nasabah. 

 

Apa Kegunaan Voice AI di Bidang Perbankan?

Beberapa contoh penggunaan Voice AI di bidang perbankan yang bisa bermanfaat untuk mentransformasi operasional dan pengalaman nasabah, yaitu:

 

1. Proses Penagihan 

 

Penagihan adalah salah satu hal yang paling krusial dalam bidang perbankan. Namun, bisa jadi proses ini juga sangat sulit dilakukan oleh manusia. Karena kadang nasabah merasa tersinggung dengan kalimat yang diucapkan oleh agen. Hal inilah yang kadang menyebabkan nasabah pada akhirnya berhenti menggunakan layanan perbankan.

Namun, dengan adanya Voice AI hal ini bisa dicegah secara signifikan. Karena Voice AI bisa melakukan panggilan suara otomatis dan personal untuk pembayaran yang akan datang atau yang telah jatuh tempo, mengautentikasi nasabah dengan aman sebelum membahas informasi keuangan sensitif, serta menawarkan berbagai opsi pembayaran (pembayaran langsung, penjadwalan, rencana pembayaran). Selain itu, Voice AI bisa diatur sebaik mungkin agar bisa menyampaikan kata-kata yang sopan serta tidak menyinggung perasaan nasabah. 

2. Memberikan Peringatan Akan Adanya Penipuan 

Di era digital seperti sekarang, pelanggan biasanya lebih rentan mengalami penipuan yang mengatasnamakan bank. Untuk mengurangi risiko ini, Voice AI dapat digunakan untuk memperingatkan nasabah tentang aktivitas mencurigakan yang berpotensi ‘menghilangkan’’ uang nasabah.

Beberapa proses peringatan penipuan yang bisa dilakukan Voice AI, yaitu pengenalan panggilan darurat yang mengidentifikasi bank dengan jelas, autentikasi aman untuk memverifikasi identitas nasabah, serta peringatan terperinci tentang aktivitas mencurigakan tertentu yang terdeteksi.

 

3. Customer Support

Sebagian besar permintaan nasabah berkaitan dengan pertanyaan dasar tentang rekening nasabah atau produk/layanan perbankan. Untuk memudahkan proses ini dan mengurangi biaya operasional, Anda bisa menggunakan Voice AI. Karena Voice AI bisa dilatih untuk menjawab pertanyaan dan menemukan jawaban dalam hitungan detik. 

Selain itu, Voice AI juga akan memiliki akses ke sistem backend Anda, sehingga dapat mengakses data nasabah setelah mereka lolos verifikasi. Hal ini berarti nasabah bisa mendapatkan jawaban cepat atas pertanyaan, baik tentang rekening mereka maupun tentang produk/layanan umum.

4. Bantuan Pinjaman/KPR 

Proses pinjaman seringkali panjang dan penuh dokumen. Voice AI bisa  menyederhanakannya dengan memandu nasabah melalui percakapan untuk mengambil keputusan keuangan yang rumit. Beberapa peran Voice AI dalam membantu nasabah melakukan proses peminjaman uang di bank, yaitu menyambut dan mengautentikasi nasabah yang mencari informasi pinjaman, mengidentifikasi pertanyaan pinjaman spesifik melalui percakapan alami, dan memberikan informasi personal tentang suku bunga, kelayakan, dan perhitungan cicilan.

Selain itu, Voice AI bisa memberikan informasi terbaru kepada pemohon tentang status aplikasi mereka secara real time, memandu nasabah melalui persyaratan dokumentasi, mengalihkan ke spesialis manusia untuk skenario yang kompleks, dan menindaklanjuti dengan tepat untuk memajukan proses peminjaman

Voice AI dengan cepat menjadi kebutuhan dalam bidang perbankan saat ini. Dengan kemampuan memberikan dukungan 24/7 yang lancar, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan kepuasan pelanggan, teknologi ini bisa membantu industri perbankan berinteraksi dengan nasabah mereka. Dari mengotomatiskan pertanyaan rutin hingga memberdayakan agen manusia dengan wawasan berharga, teknologi suara AI menetapkan standar baru untuk layanan prima.

 

PT VADS Indonesia hadir sebagai mitra terpercaya untuk mendukung penerapan Voice AI di industri kesehatan melalui layanan outsourcing profesional. Percayakan solusi Voice AI Anda kepada PT VADS Indonesia agar layanan perbankan yang Anda berikan semakin efisien dan berkualitas. Hubungi kami sekarang. 



Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik