VADS
Articles

Bagaimana Cara Meningkatkan Revenue Perusahaan?

Dipos pada 26 Mar 2021

Setiap perusahaan tentunya ingin layanan/produk yang mereka sediakan mendapatkan respon yang baik dari para customer. Mereka selalu berusaha sebaik mungkin agar layanan/produk yang mereka berikan menjadi opsi utama dari para pelanggan. Dengan memiliki cakupan customer yang berlimpah, dipastikan revenue/profit akan didapatkan dengan sangat mudah. Lalu, apa yang dimaksud degan revenue itu sendiri ? Revenue sendiri dikatakan sebagai suatu kenaikan manfaat ekonomi selama periode yang sudah ditentukan yang dapat berbentuk sebagai penambahan aset ataupun pemasukan. Untuk itu, perusahaan harus bisa memaksimalkan mungkin segala kinerja dan sumberdaya yang dipunya untuk mendorong mereka mencapai target pendapatan yang sudah diinginkan. Dengan begitu, apakah ada cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan revenue perusahaan selain memiliki starategi marketing yang mumpuni? Berikut merupakan beberapa cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan revenue perusahaan anda.

Ragam Cara untuk Meningkatkan Revenue Perusahaan Anda

1. Memiliki Goals Yang Lebih Besar

Target dan tujuan merupakan hal paling utama apabila anda ingin mencapai kesuksesan dalam bisnis yang anda jalankan. Dengan memiliki target tentunya anda sudah mengetahui apa saja yang harus anda lakukan agar bisnis tersebut dapat berhasil dan tentunya disenangi oleh para pelanggan. Apabila target tersebut sudah anda capai, sebaiknya jangan hanya berhenti disitu. Rangkailah tujuan-tujuan baru yang tentunya dapat memberikan nilai yang lebih terhadap perusahaan anda. Jangkau pasar yang lebih luas untuk meningkatkan profit dan keuntungan yang lebih dari sebelumnya. Buatlah inovasi-inovasi service/produk baru dan memiliki gaya tersendiri agar anda dapat mencakup para calon pelanggan menjadi lebih banyak lagi.

2. Bangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Pelanggan yang anda miliki sendiri menjadi salah satu aspek penting akan meningkatnya revenue dari perusahaan. Dengan membangun hubungan yang baik dengan mereka, dipastikan tingkat keloyalitasan customer terhadap service/produk yang anda berikan akan terus meningkat. Maka dari itu mulailah membangun hubungan yang baik dengan para customer yang anda miliki. Bersikap ramah/sopan dan selalu mendengarkan segala keluhan mereka menjadi kunci utama untuk mencapai kesuksesan ini. Lakukanlah interaksi sebanyak mungkin dengan mereka guna mencapai relasi yang lebih dekat lagi. Nantinya pelanggan akan merasa bahwa mereka diperlakukan seperti “lebih dari pelanggan” dan menjadikan mereka nyaman terhadap apa yang sudah anda berikan.

3. Gunakan beragam media untuk pemasaran

Semakin dikenalnya service/produk yang anda berikan, semakin banyak juga calon-calon customer yang akan anda dapatkan. Dengan begitu gunakanlah sebanyak mungkin media agar informasi mengenai service/produk yang anda berikan dapat terlihat dan sampai kepada para calon-calon pelanggan tersebut. Anda dapat menggunakan media Digital seperti Social Media, Website ataupun Email dan juga menggunakan media Non-Digital seperti Brosur, Spanduk, Banner ataupun Papan Reklame untuk melakukan pemasaran tersebut.

4. Naikan Value Dagang kepada Customer

Apabila dikatakan anda sudah meraup banyak pelanggan, sangat disarankan untuk selalu membentangkan layanan/produk anda menjadi lebih baik dalam segala aspek. Para pelanggan yang merasa dirinya sudah loyal dalam suatu layanan akan memiliki perasaan bahwa ia ingin mendapatkan sesuatu yang lebih karena sudah setia kepada perusahaan tersebut. Maka dari itu, mulailah tingkatkan value dagang anda menjadi lebih bagus lagi seperti memberikan penawaran yang menarik ataupun mempermudah proses transaksi pembelian. Dengan begitu customer menjadi lebih nyaman dan tentunya menjadikan layanan/produk anda menjadi pilihan utama mereka.

5. Bangkitkan Motivasi Team

Salah satu dampak atas terjadinya sautu keberhasilan yang dicapai dalam suatu perusahaan/bisnis, tentunya didapatkan dari membangun kerjasama team yang sempurna. Banyak sekali perusahaan yang merasa mengapa mereka sedikit sekali mendapat keuntungan dan kemajuan dari bisnis yang dilakukan tetapi disamping itu mereka juga tidak peduli dengan apa yang terjadi dan dirasakan oleh para karyawannya. Apabila anda merasakan hal seperti ini, mulailah perbaiki hubungan dengan karyawan/team anda. Lakukanlah interaksi dengan mereka sebanyak mungkin agar mereka menjadi lebih nyaman akan bekerja bersama dengan anda. Berikanlah motivasi dan juga inspirasi kepada karyawan/team anda sehingga nantinya mereka akan mulai menumbuhkan rasa haus untuk meningkatkan value perusahaan anda. Dengan memiliki environment yang sama-sama memiliki tujuan yang jelas, dipastikan profit dan revenue akan mudah untuk selalu ditingkatkan.

Itulah beberapa cara yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan revenue perusahaan anda. Diharapkan beberapa cara tersebut dapat membantu anda untuk selalu mengembangkan revenue perusahaan anda kedepannya. VADS Indonesia sendiri tentunya menyediakan layanan sangat memuaskan dan dapat membantu bisnis yang anda jalankan. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengkonsultasikan rencana bisnis anda dan informasi lebih lanjut.

Articles

Bagaimana Transformasi Digital Meningkatkan Contact Center?

Dipos pada 23 Mar 2021

Transformasi digital adalah integrasi teknologi digital ke semua area bisnis, menghasilkan perubahan mendasar dalam cara bisnis beroperasi dan nilai yang perusahaan berikan kepada pelanggan. Transformasi digital mengubah cara perusahaan mengelola contact center nya. Teknologi memberikan wawasan untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan cara terbaru dan juga untuk meningkatkan produktivitas kinerja operasional contact center. Faktor utama perusahaan harus memanfaatkan transformasi digital ini adalah karena pelanggan yang juga mulai beralih ke digital dalam melakukan kegiatan nya sehari-hari. Pelanggan diharapkan dapat menghubungi perusahaan kapan saja, dimana saja, dan dengan menggunakan platform apapun yang mereka inginkan. Sehingga penting bagi perusahaan untuk menentukan strategi contact center nya agar lebih bermanfaat untuk para pelanggannya.

Contact center perusahaan harus bisa mengikuti transformasi teknologi untuk memberikan pengalaman pelanggan yang baik sehingga harus memiliki strategi yang berpusat pada pelayanan pelanggan. Perusahaan harus memikirkan teknologi apa yang digunakan oleh pelanggan untuk efisiensi budget dan juga efisiensi waktu dalam memberikan layanan, meningkatkan interaksi dengan pelanggan serta untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Beberapa manfaat yang dirasakan dengan adanya transformasi digital dalam dunia contact center diantaranya adalah :

1. Percakapan dilakukan secara otomatis

Otomatisasi adalah bagian dari proses transformasi digital sehingga dalam contact center melakukan otomasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan produktivitas agen contact center dan juga untuk mengurangi biaya. Selain itu otomatisasi dapat meningkatkan pengalaman pelanggan salah satunya adalah dengan menggunakan chatbot ataupun voicebot.

2. Memanfaatkan saluran omnichannel

Contact center yang baik idealnya memberikan layanan secara 360 derajat dari pelanggan sehingga dapat memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan sehingga dapat membuat pelanggan puas terhadap layanan yang diberikan oleh perusahaan. Transformasi digital dapat dimanfaatkan contact center untuk mengintegrasikan seluruh saluran yang dimiliki untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, namun tentunya perusahaan harus bisa mengidentifikasi saluran yang disukai oleh pelanggan perusahaan tersebut. Sinkronisasi dalam setiap saluran juga harus diperhatikan supaya pelanggan tidak mengeluhkan sesuatu yang harus ia ceritakan secara berulang.

3. Memanfaatkan data

Dengan transformasi digital memungkinkan perusahaan Anda akan mendapatkan data yang diperoleh dari para pelanggan Anda. Transformasi digital membantu perusahaan mendapatkan data yang berharga untuk meningkatkan customer experience perusahaan Anda. Teknologi tersebut dapat memberikan data mengenai perilaku pelanggan, persepsi perusahaan, dan layanan dukungan pelanggan perusahaan Anda. Sehingga dengan mengetahui data tersebut, perusahaan dapat fokus meningkatkan pengalaman pelanggan dan juga meningkatkan layanan dan memperbaiki produk dan layanan yang diberikan kepada pelanggan. Tentunya, akan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi sesuai dengan masing-masing pelanggan.

4. Penghematan biaya

Dengan menggunakan transformasi digital, memang benar perusahaan Anda akan menginvestasikan beberapa teknologi untuk dapat dimanfaatkan, namun dengan peningkatan produktivitas dan mengurangi biaya perangkat keras lainnya misal dengan dapat beroperasi dimana saja sehingga dapat menghemat budget operasional perusahaan Anda.

Harapan pelanggan saat ini semakin tinggi, mereka membutuhkan layanan pelanggan atau contact center yang lebih personal, tepat waktu, dan selalu ada di seluruh saluran terutama dalam saluran digital. Itulah pentingnya transformasi digital dapat terintegrasi dan memberikan layanan secara menyeluruh kepada pelanggan. Pada tahun 2021 dan seterusnya, otomatisasi contact center semakin cepat, sehingga penting bagi perusahaan untuk menerapkan praktik terbaik, atau berisiko tertinggal dalam persaingan. Kemajuan teknologi dalam otomatisasi proses robotik (RPA), AI, dan pembelajaran mesin (ML) benar-benar mengubah wajah layanan pelanggan.

Diskusikan kebutuhan contact center digital Anda bersama VADS Indonesia, Business Process Outsourcing (BPO) di bidang contact center dan customer experience dengan layanan manajemen pusat panggilan profesional yang dapat meningkatkan dukungan pelanggan perusahaan Anda. Segera konsultasikan di marketing@vads.co.id untuk contact center digital perusahaan Anda yang bertujuan untuk meningkatkan layanan contact center dan mengoptimalkan layanan contact center perusahaan Anda.

Events

VADS Indonesia Client Gathering 2021 “Adapting to The New Era of Effective and Efficient Contact Center During The Pandemic”

Dipos pada 18 Mar 2021

Jakarta, 17 Maret 2021 – PT. VADS Indonesia kembali mengadakan acara Client Gathering 2021 dengan tema “Adapting to The New Era of Effective and Efficient Contact Center During The Pandemic” melalui Webinar.  Webinar ini merupakan kegiatan tahunan PT. VADS Indonesia dengan tujuan memberikan apresiasi dan komitmen kepada klien atas loyalitas dan kepercayaan mereka telah menggunakan jasa dari PT VADS Indonesia sekaligus meningkatkan hubungan dengan klien PT VADS Indonesia.

Selain itu pada kesempatan ini, PT VADS juga memperkenalkan solusi-solusi baru untuk meningkatkan contact center dan customer experience selama pandemi seperti solusi Business Continuity Plan (BCP), Work From Home (WFH), Cloud Alpha Solutions, serta solusi keamanan data transaksi Blockchain Security Authentication. Solusi-solusi ini diharapkan dapat mempermudah layanan untuk pelanggan yang membutuhkan informasi dengan respons yang cepat dan tepat terutama selama pandemi ini serta menjamin keamanan data milik pelanggan.

“Kalau kita lihat trend cara bekerja sebelum pandemi, kita hanya bisa melakukan pekerjaan di satu tempat, namun pada hari ini sudah seharusnya ada perubahan. Penerapan WFH menjadikan alur kerja kita lebih efisien baik dari sisi budget dan juga waktu untuk lebih produktif.  Dalam situasi kita menghadapi pandemi ini, satu yang tidak bisa kita pisahkan yaitu transformasi teknologi dan kita harus bisa bergerak cepat untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi. Jika kita tidak bisa mengikutinya, maka kita akan tertinggal. Untuk itu kami dengan bangga menghadirkan berbagai pembicara yang ahli untuk membagikan pengalaman dan keahliannya dalam menggunakan teknologi terutama pada contact center di acara kali ini serta memperkenalkan solusi yang dimiliki oleh PT VADS Indonesia”, ungkap Saravanan Belusami, CEO PT VADS Indonesia.

Client Gathering 2021 ini menghadirkan 5 pembicara yang berpengalaman dan berkompeten di bidangnya di antaranya adalah Rudy Dalimunthe (Senior Vice President of Customer Excellence Tokopedia), Tine E. Effendi (Associate Vice President of Customer Satisfaction Management Bukalapak), Fuad Azis (Project Manager OYO Hotel Indonesia), Chin Sui Lee (Assistant General Manager Cloud Services TM ONE), dan Phillip Jay Sung (Blockchain Secure Authentication TM ONE). Acara ini dihadiri oleh lebih dari 30 perusahaan ternama yang berasal dari perusahaan- perusahaan pengguna layanan dan jasa PT VADS Indonesia dari berbagai industri seperti perbankan, E-Commerce, telekomunikasi, pemerintahan, dan dari sektor lainnya.

 “Seperti kita ketahui masalah work from home dalam industri BPO dan seluruh industri adalah security dan productivity. Tidak dipungkiri bahwa pandemi menjadi guru kita sekaligus pengalaman baru dalam berinovasi untuk tetap produktif dan tetap bisa bekerja dengan memberikan kemudahan atau mengubah dunia kerja dari yang offline menjadi online. WFH ini seperti kita tahu menjadi pilihan yang sangat efektif dari sisi kecepatan dan kemudahan untuk tetap bisa produktif  dan efisien karena biaya untuk set-up atau menggunakan model WFH tidak begitu besar dibanding menggunakan working space.” Ujar Deddy Hermansyah, Chief Marketing Office PT VADS Indonesia.

Deddy Hermansyah mengungkapkan lebih lanjut berbagai tantangan yang harus diperhatikan dalam WFH terkait dengan security atau keamanan yaitu ada dua, yang pertama adalah masalah keamanan data dan informasi. PT VADS Indonesia telah mengimplementasikan dan telah mendapatkan solusi terbaru di mana data tersebut tetap aman walaupun sedang WFH dengan menggunakan teknologi di antaranya adalah menggunakan IVA (Intelligence Video Analytics) di mana fitur teknologi ini mampu mengenal dan menangkap kegiatan seorang agen di rumah ketika dia ingin menangkap atau screenshot data rahasia maka otomatis aplikasi ini akan memblok atau membuat layar menjadi pudar. Kedua adalah dalam koneksi atau konektivitas kita menggunakan secure IP VPN di mana konektivitas seolah berada di lingkungan kantor offline. Kemudian device yang diberikan oleh agen seperti PC atau notebook telah didesain oleh tim IT Security PT VADS Indonesia agar informasi yang krusial dapat diblokir terlebih dahulu. Selain itu, PT VADS Indonesia memiliki teknologi terbaru yang dinamakan Blockchain Secure Authentication (BSA) yang menggunakan teknologi blockchain untuk distributed security random check, passwordless, dan encrypted data sehingga user tidak perlu mengingat login password dengan menggunakan teknologi ini. Di satu sisi, teknologi BSA ini pun memberikan efisiensi karena dapat menghilangkan biaya OTP SMS. Teknologi ini sangat baru dan menjadi tren di negara-negara maju seperti Korea, US, Jepang, dan Cina. PT VADS Indonesia dengan bangga membawa teknologi ini ke Indonesia dan menawarkan free POC untuk perusahaan yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai BSA.

“Tantangan selanjutnya yang harus diperhatikan dalam WFH adalah masalah produktivitas. Tidak seperti kondisi offline di mana kita dapat melihat kinerja tim kita secara real time dan live. Dalam WFH ini, tentunya terdapat tantangan karena kita tidak bisa melihat langsung tim kita bekerja dan memonitor hasil kerja mereka secara real time. Di sini PT VADS Indonesia telah menemukan solusi terbaru yaitu dengan menggunakan Power BI di mana kita bisa melihat real time performance agent di rumah dan eskalasi cepat dilakukan dengan komunikasi via whatsapp dengan team leader, quality control, rtfm, operations manager sampai dengan head. Di sistem kami juga telah terdapat geofencing feature untuk mendeteksi lokasi setiap agent dan pergerakan agent dari satu lokasi ke lokasi lainnya sehingga team operations dan team leader dapat memonitor pergerakan agen secara real time dan tentunya ini akan meningkatkan produktivitas agen dengan fitur ini. Tentunya semua layanan WFH tersebut akan lebih efisien lagi karena kami menawarkan layanan cloud base atau pay per use dengan menggunakan Cloud Alpha TM ONE di mana cloud alpha ini adalah layanan cloud baru PT VADS Indonesia yang bekerja sama dengan induk perusahaan Telekom Malaysia yang dapat memberikan SLA 99.9% sehingga sangat reliable, efektif, dan efisien.” Ungkap Deddy Hermansyah.

Articles

Meningkatkan Customer Retention dengan Contact Center

Dipos pada 15 Mar 2021

Dalam suatu bisnis atau perusahaan yang dijalankan, tentunya memiliki customer yang berlimpah menjadi suatu impian yang ingin selalu terealisasikan. Dengan memiliki skala customer yang terbilang besar, pastinya perusahaan atau bisnis yang dijalankan akan lebih mudah mendapatkan partnership,channel, dan tentunya profit dikarenakan sudah terpercayanya produk atau jasa tersebut oleh banyak individu. Tetapi, apabila hal tersebut sudah terealisasikan, bagaimana cara perusahaan untuk mempertahankan para customer yang mereka miliki agar selalu menggunakan dan loyal terhadap produk atau jasa mereka? Kemampuan untuk mempertahankan para customer tersebut dikatakan sebagai Customer Retention 

Apa yang di Maksud Dengan Customer Retention? Apakah Contact Center Dapat Membantu Untuk Meningkatkan Customer Retention? 

Singkatnya, Customer Retention memiliki pengertian sebagai suatu tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan customer yang mereka miliki agar tetap menggunakan produk dan layanan yang sudah mereka sediakan dan mencegah agar para customer tidak beralih ke perusahaan/kompetitor lain. Lalu, bagaiman cara meningkatkan customer retention? Apakah dengan menggunakan contact center dapat membantu untuk meningkatkan customer retention? Berikut merupakan beberapa keuntungan menggunakan contact center untuk meningkatkan customer retention. 

1. Meningkatkan Customer Relationship 

Hubungan yang kita miliki dengan pelanggan, menjadi salah satu aspek utama akan keberhasilan dalam menjual suatu jasa ataupun produk. Dengan memiliki hubungan yang baik dengan para pelanggan anda, disitulah customer retention dapat dijalankan dengan baik lagi. Contact Center sendiri menjadi salah satu cara agar anda dapat meningkatkan hubungan dengan para pelanggan. Contact Center dapat memberikan pengalaman berinteraksi ataupun bertransaksi menjadi lebih baik dan lebih mudah yang nantinya para pelanggan akan lebih nyaman akan apa yang sudah anda berikan. Dengan begitu mereka akan lebih loyal dan tentunya akan selalu menggunakan produk/jasa yang anda sediakan. 

2. Mengetahui Customer Needs 

Banyak sekali bisnis ataupun perusahaan yang memili target konsumen yang tinggi dan ingin para konsumennya selalu menggunakan produk/layanan yang mereka berikan tetapi tidak mengatahui apa yang sebenarnya para konsumen butuhkan. Contact Center sendiri diketahui memiliki banyak media ataupun cara untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh para pelanggan. Dengan melakukan interaksi melalui Social MediaEmail,Chatbot ataupun Call Center Agent sendiri mereka dapat mendapatkan feedback berupa informasi akan apa yang sebenarnya customer butuhkan. Contact Center sendiri juga dapat mengetahui informasi tentang apa-apa saja yang dapat mereka tingkatkan terhadap jasa atau produk yang sudah diberikan. Nantinya informasi-informasi yang sudah ada tersebut akan dijadikan acuan oleh perusahaan agar selalu mengembangkan produk/jasa yang ada dan dapat selalu memaintain customer mereka. 

3. Pengelolaan Data Customer 

Pengalaman interaksi yang baik dan kemudahan dalam melalukan transaksi pastinya selalu diinginkan oleh setiap pelanggan apabila ingin menggunakan suatu produk ataupun jasa. Pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk atau jasa anda tentunya tidak ingin membuang-buang waktu untuk memberikan informasi lagi tentang profile customer yang mereka miliki. Maka dari itu dengan adanya Contact Center yang memiliki sistem seperti Customer Data Analysis (CDA) dapat membantu untuk mempermudah mengetahui database tentang para pelanggan yang sudah anda miliki. Hal seperti ini tentunya menjadi point plus yang menjadikan pelanggan akan merasa lebih diperhatikan dan diprioritaskan yang nantinya mereka akan selalu menjadikan layanan/produk anda sebagai pilihan utama. 

4. Mengantisipasi Resiko Pelanggan dengan Ragam Solusi 

Kehilangan dan juga berkurangnya pelanggan yang anda miliki tentunya tidak bisa kita hindari dikarenakan semua itu merupakan keputusan pribadi dari setiap pelanggan. Dengan Contact Center sendiri, anda dapat mengantisipasi akan terjadi hal-hal tersebut dengan selalu tersedianya solusi seperti layanan Call Center Agent yang selalu mendengarkan keluhan dari para pelanggan dan memberikan solusi secara instan. Selain itu, layanan seperti Chatbot sendiri sangatlah membantu untuk memberikan solusi cepat terhadap masalah yang dimiliki oleh para pelanggan. Anda juga dapat memberikan opsi layanan lain yang memungkinkan dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Contact Center tentunya juga  memiliki operasi seperti Quality Assurance(QA) yang diamana perusahaan dapat menjamin segala kualitas akan produk/jasa yang mereka berikan. Dengan begitu dapat diketahui bahwa resiko pelanggan dapat datang kapan saja dan anda harus bisa memberikan solusi dan juga layanan yang optimal untuk mencegah hal tersebut terjadi. 

Itulah beberapa keuntungan yang dapat anda raih dengan menggunakan Contact Center untuk meningkatkan Customer Retention. VADS Indonesia sendiri tentunya menawarkan layanan Contact Center yang terintegrasi dengan berbagai macam media dan juga agen yang selalu menyediakan pelayanan yang memuaskan yang tentunya dapat membantu mengembangkan rencana bisnis anda. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai solusi Contact Center yang kami miliki. 

Articles

Bagaimana Cara Mendapatkan Feedback Pelanggan ?

Dipos pada 12 Mar 2021

Dalam setiap layanan/produk yang kita berikan, tentunya kepuasan pelanggan menjadi target utama agar bisnis yang kita lakukan akan selalu berkembang. Dari segala pengalaman yang dimiliki oleh pelanggan sendiri, nantinya mereka akan memberikan timbal balik seperti memberikan review positif ataupun negatif terhadap layanan/produk yang kita berikan. Dengan begitu kita harus selalu memberikan pelayanan terbaik kita agar memiliki image yang baik dimata pelanggan.

Feedback sendiri merupakan suatu umpan balik berupa tanggapan untuk mengukur seberapa baik dan buruknya layanan/produk yang kita berikan berdasarkan pengalaman pelanggan. Lalu, seberapa pentingkah feedback itu? Mengapa kita harus memaksimalkan segala timbal balik dari pelanggan ?

Timbal balik yang diberikan oleh pelanggan dapat menjadi suatu aspek untuk Anda mengetahui hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dari layanan/produk yang diberikan, mengetahui kemauan yang dimiliki oleh pelanggan, dan tentunya untuk mengetahui tanggapan dari pelanggan mengenai kualitas layanan/produk Anda. Maka dari itu, bagaiman cara kita untuk mendapatkan feedback dari para pelanggan? Berikut merupakan beberapa metode yang dapat Anda gunakanan untuk memperoleh timbal balik yang sempurna.

 

Metode Ampuh untuk Mendapatkan Timbal Balik Pelanggan

  • Melakukan Survey

Survey sendiri merupakan salah satu metode yang sudah sering digunakan untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Ada berbagai macam tools atau media yang dapat Anda gunakan untuk membuat survey yang menarik seperti Microsoft Form, Google Form, Survey Monkey, Zoho Survey, dan masih banyak lagi.

Nantinya, survey akan berisi pertanyaan-pertanyaan yang tentunya dapat memberikan informasi tentang tanggapan pelanggan akan layanan/produk yang Anda berikan. Dengan begitu, berikanlah pertanyaan yang bersifat kolektif agar memungkinkan untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan. Buatlah juga konsep pertanyaan yang lebih menarik dan bervariasi seperti Multiple choice, Short answer dan Linear scale agar para pelanggan lebih berinisiatif dalam proses pengisian survey tersebut.

  • Menggunakan Media Sosial

Yang sudah kita ketahui bersama bahwa media sosial merupakan salah satu kunci utama untuk memasarkan layanan/produk yang kita berikan. Media sosial sendiri dapat memungkinkan untuk Anda mendapatkan timbal balik dari para pelanggan mengenai bisnis yang kita miliki. Terdapat beberapa metode seperti menggunakan Polling, melalui kolom komentar/Reply dari postingan yang Anda sebarkan ataupun dengan Direct Message.

Polling

Platform seperti Instagram dan Twitter dapat menjadi media utama untuk Anda mendapatkan feedback dari para pelaggan. Instagram sendiri memiliki fitur yang bernama Stories yang nantinya Anda dapat menambahkan kolom polling disetiap stories yang Anda buat. Twitter memungkinkan Anda untuk menambahkan kolom polling disetiap tweet yang ingin dipublish.  

Comment/Reply

Disetiap postingan yang Anda berikan dalam Instagram maupun Twitter, akan selalu tercantum kolom komentar agar  pengikut/pelanggan Anda dapat memberikan ulasan ataupun pAndangan terhadap pengalaman yang mereka punya mengenai layanan/produk yang mereka terima. Dengan begitu Anda dapat membaca setiap komentar yang sudah ada dan menjadikannya sebagai timbal balik untuk layanan/produk Anda.

Direct Message

Tidak sedikit para pelanggan yang lebih memilih berinterakasi melalui pesan langsung lantaran informasi yang diberikan lebih jelas dan lebih terinci. Dengan begitu Anda bisa menanyakan kepada mereka apakah informasi yang diberikan sudah jelas dan apakah mereka puas dengan informasi tersebut. Nantinya dengan jawaban yang mereka berikan, dapat dijadikan feedback untuk Anda. Alhasil Anda dapat mengevaluasi layanan Anda dari setiap jawaban yang sudah terkumpul.

  • Sediakan Feedback Box

Banyak dari pelanggan ataupun calon pelanggan yang tidak terlalu sering menggunakan media sosial dan tentunya mereka akan mencari informasi melalui website resmi. Anda dapat menyediakan feedback box dalam website Anda seperti kolom Saran/Komentar ataupun kolom Emoji yang memperlihatkan ekspresi happy atau sad akan informasi yang sudah Anda berikan.

  • Mengontak dengan email

Tentunya email menjadi salah satu data utama apabila pelanggan ingin menggunakan layanan yang Anda sediakan. Selain untuk menginformasikan tentang perkembangan layanan yang Anda berikan, email sendiri menjadi wadah untuk mendapatkan timbal balik dari pelanggan.

Anda dapat mengirimkan email berupa menanyakan apakah layanan yang mereka terima sesuai dengan keinginan ataupun juga menanyakan apakah mereka puas dengan layanan yang didapat. Dengan menggunakan email memungkinkan mereka untuk memberikan tanggapan dapat berupa teks ataupun lampiran berupa gambar/video.

  • Tawarkan dan Sediakan Reward

Memberikan reward atau penawaran menarik seperti potongan harga , gratis ongkos kirim, free trial, ataupun memberikan sampel dapat menjadi salah solusi untuk Anda mendapatkan feedback dari pelanggan. Berikan akses untuk mendapatkan penawaran-penawaran tersebut kepada mereka dengan mengisi pertanyaan-pertanyaan seputar tanggapan pelanggan mengenai layanan/produk yang Anda berikan.

 

Demikian beberapa metode yang dapat Anda praktikan untuk memperoleh feedback yang memuaskan dari para pelanggan. Metode-metode ini diharapkan dapat membantu Anda untuk membuat layanan/produk yang disediakan menjadi lebih baik lagi. VADS Indonesia tentunya menyediakan layanan yang dapat membantu meningkatkan bisnis Anda. Hubungi marketing@vads.co.id untuk mengkonsultasikan rencana bisnis Anda dan informasi lebih lanjut mengenai kebutuhan pelanggan perusahaan Anda.

Articles

Dapatkah Contact Center Meningkatkan Hubungan Perusahaan dengan Pelanggan?

Dipos pada 09 Mar 2021

Di era yang sudah serba maju saat ini, teknologi dan juga layanan yang diberikan oleh setiap perusahaan merupakan “senjata” utama untuk dapat bersaing dengan para kompetitor. Setiap perusahaan selalu berlomba-lomba untuk menyediakan layanan terbaiknya agar perusahaan yang dijalankan selalu berkembang dan menjadi pilihan utama dari para pelanggan.

Perkembangan teknologi yang sangat pesat juga menjadikan faktor utama dalam menjadikannya setiap informasi dapat diperoleh dengan sangat mudah dan juga fleksibel. Informasi yang dapat diperoleh juga menjadikan point utama agar layanan yang diberikan oleh setiap perusahaan dapat diketahui dengan cepat dan dapat di seleksi oleh  para calon pelanggan untuk dijadikan pilihan utama mereka. Dengan begitu, Contact Center merupakan “jembatan” utama akan terjadinya interaksi dengan para calon pelanggan apabila mereka ingin menanyakan tentang bisnis yang disediakan oleh perusahaan.

Setiap calon pelanggan tentunya ingin mendapatkan kesan pertama yang baik dalam memperoleh layanan yang mereka inginkan. Disinilah peran Contact Center sangatlah penting agar setiap calon customer mendapatkan customer experience yang sempurna. Contact Center harus bisa memberikan pelayanan yang memuaskan seperti menjelaskan dan menjawab pertanyaan seputar produk & layanan yang diberikan, dan tentunya mendengarkan segala keluhan yang dimiliki oleh para pelanggan tersebut. Perusahaan harus bisa memberikan pelayanan Contact Center tanpa batas waktu dan melalui berbagai macam media. Dengan memiliki layanan Contact Center yang baik, pastinya akan meningkatkan segala hubungan dengan para pelanggan dan mungkin para pelanggan akan memberikan feedback berupa mempromosikan secara tidak langsung kepada kerabat terdekatnnya terkait dengan pelayanan Contact Center yang sudah mereka rasakan.

Definisi Contact Center

Contact Center sering kali didefinisikan sebagai suatu “titik kumpul” dimana semua interaksi yang dimiliki dan dilakukan antara perusahaan dengan pelanggan dikelola dalam suatu bisnis yang dilakukan. Contact Center sendiri memiliki kewenangan untuk selalu menjawab panggilan yang dilakukan oleh customer dan memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah yang mereka miliki. Contact Center diketahui menggunakan suatu sistem layanan yang memungkinkan para customer berinteraksi melalui banyak saluran seperti Media Sosial, Email, Website, dan tentunya melalui Telepon. Dalam suatu perusahaan sendiri peran Contact Center amatlah penting. Dengan memiliki pelayanan yang memuaskan dan selalu menyampaikan nilai atau value secara teratur kepada pelanggan, dipastikan pelanggan akan merasa puas terhadap layanan yang diberikan dan tentunya dapat meningkatkan loyalitas dari para pelanggan tersebut.

Dapatkah Contact Center Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan ?

Dalam suatu bisnis yang dijalankan, tentunya hubungan dengan para pelanggan merupakan salah satu aspek utama untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan dalam bisnis tersebut. Dengan begitu Contact Center mejadi point utama untuk mencapai keberhasilan ini.

  • Memberikan Solusi melalui Variasi Media

Kelebihan dalam penggunaan Contact Center yaitu para customer dapat berinteraksi apabila ingin menanyakan tentang layanan yang diberikan ataupun meminta solusi melalui berbagai macam media. Mereka diberikan banyak pilihan seperti mengirimkan email, melalui direct message sosial media ataupun melalui layanan Chatbot. Dengan begitu para pelanggan dapat lebih mudah untuk berinteraksi kapanpun dan dimanapun serta perusahaan dapat berkomunikasi langsung dengan para pelanggannya atau dengan kata lain dapat terciptanya hubungan dua arah antara perusahaan dengan pelanggan.

  • Mempermudah Mengetahui Riwayat Informasi Pelanggan

Banyaknya media sebagai tempat untuk berinteraksi dengan para pelanggan menjadikan perusahaan akan lebih mudah mengetahui lebih lanjut apa yang sebenarnya diinginkan oleh para pelanggan. Dengan Contact Center yang sudah dilengkapi oleh sistem yang canggih, sangat mempermudah untuk mengumpulkan segala informasi mengenai segala keluhan yang dimiliki oleh pelanggan dan riwayat mengenai interaksi yang sudah pernah mereka lakukan. Alhasil segala keluhan tersebut akan lebih mudah diselesaikan oleh para agen contact center yang menanganinya dan agen contact center akan lebih mudah menawarkan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan dari para pelanggan.

Dari manfaat Contact Center diatas, diketahui akan menjadikan segala hubungan yang dimiliki oleh para pelanggan menjadi lebih baik dan tentunya meningkat. VADS Indonesia sendiri menawarkan layanan Contact Center yang terintegrasi dengan berbagai macam media dan juga agen contact center yang selalu menyediakan pelayanan yang dapat meningkatkan hubungan perusahaan Anda dengan para pelanggan. Silahkan menghubungi marketing@vads.co.id untuk mengetahui segala informasi mengenai solusi Contact Center yang kami miliki.

Articles

Seberapa Penting Cloud untuk Perusahaan?

Dipos pada 04 Mar 2021

Teknologi memiliki dampak yang besar bagi bisnis saat ini. Perkembangan teknologi yang pesat memberikan banyak alternative solusi bagi banyak perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.

Di era pandemic seperti sekarang ini, perusahaan harus bisa membangun dan memelihara lingkungan server mereka sendiri untuk dapat menghosting dan menjalankan aplikasi di tempat mereka. Saat ini, perusahaan harus memiliki cloud computing (komputasi awan) yang merevolusi bisnis dan operasioonal perusahaan. Teknologi ini menjadi landasan transformasi digital sebuah perusahaan.

Sebelum adanya cloud computing, orang akan menjalankan aplikasi atau program dari program yang diunduh pada server di gedung mereka. Perusahaan membuat data center mereka sendiri yang biayanya membutuhkan alokasi yang tidak sedikit seperti professional dan sumber daya lainnya. Namun semakin kompleksnya data dan jumlah professional yang dibutuhkan untuk mengelolanya juga semakin banyak, maka dibutuhkan tingkat produktivitas dan efisiensi yang menjadi tantangan baru.

Saat ini semakin banyak perusahaan yang menggunakan cloud computing dalam mengelola data centernya. Cloud computing salah satu solusi yang trend, inovatif, dan juga dapat digunakan sebagai back-up sistem yang sedang berjalan.

Apa itu Cloud Computing?

Cloud computing adalah sebuah pengembangan layanan penyimpanan data dan informasi yang berbasis internet. Pada teknologi cloud computing, semua data berada dan disimpan di server internet begitu juga dengan aplikasi yang pada umumnya dibutuhkan pengguna sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun dengan ketentuan adanya koneksi jaringan internet. Cloud computing mengedepankan keamanan dan kenyamanan bagi para penggunanya. Dengan keunggulan tersebut, cloud computing dapat meningkatkan produktivitas dan juga karyawan perusahaan.

Manfaat Cloud Computing

  1. Efektivitas Biaya

Salah satu manfaat utama cloud computing adalah efektivitas biaya karena cloud computing adalah teknologi yang memberikan layanan kepada perusahaan sesuai dengan permintaan sehingga perusahaan hanya membayar sesuai dengan kriteria dan fitur yang digunakan. Cloud computing adalah model bisnis yang hanya membutuhkan biaya langganan bulanan untuk layanan yang digunakan saat ini sehingga dapat lebih menghemat budget.

  1. Fleksibilitas

Perusahaan harus menyadari betapa penting cloud computing ini diterapkan dalam lingkungan perusahaan terutama dalam masa pandemic ini yang membuat pekerjaan menjadi lebih fleksibel untuk dapat dilakukan di luar kantor seperti di rumah. Sehingga berinteraksi dengan sesama karyawan ddapat dilakukan secara virtual, cepat, dan mudah kapanpun karyawan membutuhkannya melalui perangkat yang medukung web.

  1. Keamanan

Dengan menggunakan cloud computing, semua file dan program serta data bisnis perusahaan terjaga keamanannya. Cloud biasanya memerlukan firewall yang kuat, kredensial akses, dan protokol keamanan sehingga aman untuk menyimpan informasi penting di server.

  1. Kontrol Dokumen

Semakin banyak yang bekerja sama maka semakin dibutuhkan kontrol dokumen yang lebih cepat. Dengan adanya cloud computing, karyawan tidak perlu bolak-balik mengirimkan file sebagai lampiran email.

  1. Disaster Recovery

Setiap perusahaan harus bisa berinvestasi dalam hal pemulihan bencana. Cloud dapat membantu lebih banyak bisnis dalam rangka pemulihan bencana sebagai solusi pencadangan berbasis cloud yang menghemat waktu.

  1. Digital Transformation

Penting untuk perusahaan saat ini untuk dapat berkompetisi dengan menggunakan transformasi digital salah satunya adalah memigrasikan seluruhnya ke cloud. Perusahaan dapat memastikan pemberdayaan cloud yang tepat sehingga dapat memastikan transisi yang baik ke cloud tanpa dampak apapun. Perusahaan cepat atau lambat harus mempertimbangkan transformasi digital karena cara operasional yang tradisional perlahan akan menjadi mahal.

Itulah beberapa manfaat cloud yang dapat digunakan oleh perusahaan. Di Indonesia, ada beberapa cloud provider yang menyediakan layanan cloud computing. Perlu mempertimbangkan beberapa faktor sebelum memilih provider seperti faktor biaya, layanan, dan juga keamanan. VADS Indonesia dapat membantu Anda untuk beralih menggunakan cloud. Konsultasikan rencana bisnis Anda melalui marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut dan meningkatkan keamanan serta produktivitas kinerja perusahaan Anda.

Articles

Contact Center di Era Digital

Dipos pada 02 Mar 2021

Teknologi digital berkembang semakin canggih dan mengubah alur komunikasi menjadi lebih cepat dan mudah diakses. Perkembangan teknologi tersebut membuat komunikasi dapat dengan mudah menggunakan digital dan menciptakan solusi inovatif. Perusahaan harus bisa mengikuti perkembangan teknologi digital tersebut terutama dalam hal layanan pelanggan supaya pelanggan tidak meninggalkan perusahaan dan supaya pelanggan puas dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan. Di era yang serba terbuka dalam hal informasi ini, tentunya pelanggan akan menggunakan berbagai cara untuk dapat berkomunikasi dengan perusahaan seperti menggunakan media sosial, website, live chat, dan juga email. Walaupun sampai saat ini, call center tetap akan dibutuhkan dengan berbagai keunggulannya seperti pemberian solusi secara real time dan responnya yang cepat.

Contact center tidak hanya sebagai salah satu departemen dalam bisnis perusahaan, namun juga merupakan wajah perusahaan itu sendiri karena berhadapan langsung dengan pelanggan, sehingga contact center harus dapat menyesuaikan dan dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada terutama menyesuaikan dengan kebutuhan dan channel yang digunakan oleh pelanggannya. Salah satu perubahan yang harus diadaptasi dengan hadirnya contact center 24/7 sehingga dapat melayani pelanggannya kapanpun dan dimanapun. Contact center yang hadir selama 24/7 dapat membantu pelanggan menyampaikan keluhan, memberikan masukkan, dan bertannya mengenai produk dan layanan sebuah perusahaan tanpa dibatasi oleh waktu.  Pelanggan dapat lebih mudah menghubungi perusahaan dengan nyaman. Selain itu, perusahaan akan mendapatkan banyak panggilan dari pelanggan sehingga dapat mengetahui terkait keinginan yang dibutuhkan oleh pelanggan dan selanjutnya dapat digunakan untuk membuat produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Perusahaan harus bisa memberikan dukungan berupa tanggapan yang dipersonalisasi sesuai dengan personal pelanggannya masing-masing, tepat waktu dalam merespon pelanggan, dan juga memberikan solusi yang tepat dan relevan. Perusahaan akan mendapatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi untuk mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi dan juga mendapatkan keuntungan yang labih. Transformasi contact center juga membutuhkan implementasi strategis dan praktik terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan dapat mengoptimalkan pengalaman pelanggan.

Salah satu perkembangan teknologi yaitu adanya otomatisasi seperti otomatisasi proses robotic (RPA), penggunaan Artificial Intelligence dan Machine Learning dapat membantu layanan pelanggan. Namun, perusahaan tidak perlu untuk melakukan otomatisasi secara keseluruhan, perusahaan harus mengetahui bagian mana yang harus diserahkan menggunakan Artifcial Intelligence dan mana yang tetap harus membutuhkan sentuhan manusia sebagai respons untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pelanggan.

Penggunaan banyak channel seperti media sosial, website, live chat, maupun call center itu sendiri membuat pelanggan dapat dengan mudah menghubungi perusahaan dengan media yang mereka inginkan dan membuat perusahaan memberikan layanannya dengan baik sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggannya. Perusahaan harus bisa beradaptasi dan fleksibel dalam menghadapi perubahan dan perkembangan yang ada. Konsultasikan kebutuhan contact center perusahaan Anda di era digital ini bersama dengan VADS Indonesia.

VADS Indonesia dapat membantu Anda dalam membangun dan mengembangkan contact center untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada para pelanggan Anda. VADS Indonesia telah berpengalaman lebih dari 12 tahun dalam industri contact center dan saat ini melayani lebih dari 50 klien yang sebagian besar adalah market leader dari berbagai industi yang ada. VADS Indonesia memberikan berbagai layanan contact center seperti:

  • Inbound contact center
  • Outbound contact center
  • Technical support services
  • Omni-channel
  • Smart Chat Assistant
  • Social Media Care
  • Smart Outreach
  • Human Augmented Bot
  • Blockchain Secure Authentication

Dan berbagai layanan lainnya yang dapat Anda konsultasikan bersama dengan VADS Indonesia. VADS Indonesia telah tersertifikasi ISO 270001:2013 sehingga memiliki keamanan data yang terjamin. Informasi lebih lanjut, hubungi marketing@vads.co.id untuk berkonsultasi dalam rangka meningkatkan contact center Anda di era digital.

Articles

Cara Sukses Menjadi Agen Contact Center yang Berkualitas

Dipos pada 26 Feb 2021

Contact center adalah fungsi yang sangat penting dalam layanan pelanggan sebuah perusahaan dan menjadi alat komunikasi utama antara perusahaan dengan pelanggannya. Agen contact center salah satu asset penting dalam layanan pelanggan. Agen contact center yang baik dapat berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan suatu perusahaan. Agen contact center harus dapat bisa bekerja cepat dan mengelola beberapa tanggung jawab yang berbeda. Agen contact center harus bisa fleksibel dengan alur kerja mereka dan mampu menangani pelanggan bahkan dengan pertanyaan tidak terduga sekali pun. Beberapa tugas agen contact center adalah sebagai berikut :

  • Membantu pelanggan di berbagai media contact center
  • Menjawab pertanyaan pelanggan dan memberikan solusi yang tepat serta personalisasi
  • Menciptakan customer experience yang menyenangkan dan membuat pelanggan puas sehingga bisa menjadi pelanggan setia perusahaan
  • Dapat mengenali perbedaan kebutuhan setiap pelanggan sehingga menyesuaikan komunikasi agar selaras dengan stiap pelanggan sehingga akan tercipta hubungan yang baik dengan pelanggan

Untuk memenuhi beberapa tugas tersebut, agen contact center harus bisa bekerja sama sebagai satu tim dan membuat sistem yang mengelola permintaan layanan pelanggan dengan baik. Selain itu, agen contact center juga harus memiliki skill agar sukses menjadi agen contact center yang berkualitas dan membuat customer experience menjadi lebih baik. Berikut ini merupakan skill tersebut diantaranya :

  1. Memiliki pengetahuan tentang produk dan solusi yang baik

Pelanggan membutuhkan solusi yang tepat dengan waktu yang singkat mengenai permasalahan mereka sehingga pelanggan tidak ingin membuang-buang waktu dalam mendeskripsikan ulang masalah mereka dan tidak mendapatkan penyelesaian apapun. Agen contact center yang baik mampu memahami dan membantu menyelesaikan masalah pelanggan saat pertama kali mendengarnya.

  1. Fleksibilitas

Tugas agen contact center dalam sehari-hari tidak dapat diprediksi sehingga agen contact center harus dapat fleksibel dan beradaptasi dalam kondisi dan situasi yang tidak terduga. Agen contact center merupakan orang pertama yang memberikan tanggapan atas respon pelanggan terhadap perusahaan sehingga agen contact center harus siap bertindak.

  1. Pandai Mengorganisir

Agen contact center dalam satu hari dapat menerima hingga 50 lebih panggilan sehari tergantung volume layanan pelanggan tersebut. Beberapa panggilan akan memerlukan tindak lanjut yang mungkin akan berlangsung beberapa hari dari interaksi pertama tersebut sehingga agen contact center harus bisa mengelola tindak lanjut tersebut untuk menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pelanggan dengan tetap menerima panggilan dari pelanggan yang lain.

  1. Kreativitas

Seorang agen contact center harus bisa kreatif dalam memberikan solusi untuk masalah pelanggan seperti menyarankan ide-ide alternatif yang menguntungkan pelanggan dan perusahaan .

  1. Tetap tenang dibawah tekanan

Agen contact center yang berkulitas tidak mudah bingung ketika dihadapkan dengan permasalahan yang berat dari pelanggannya. Agen contact center tetap menjaga ketenangan pelanggan dalam situasi tersebut dan tidak membuat pelanggan semakin marah.

  1. Ramah

Agen contact center merupakan wajah suatu perusahaan sehingga sikap utama yang harus dimiliki ketika berhadapan dengan pelanggan adalah harus bersikap ramah dan hangat. Pastikan bahwa pelanggan memiliki citra terhadap perusahaan yang hangat dan ramah sehingga akan memuji pelayanan perusahaan. Agen contact center harus mempertahankan sikap positif dan terus tersenyum.

Menjadi seorang agen contact center memang tidak mudah dan mencari agen contact center yang berkualitas bisa jadi sulit ditemukan. Namun kualitas tersebut bisa dihasilkan dengan diajarkan dengan trainer yang berpengalaman untuk  mengajarkan keterampilan kepada agen contact center Anda agar menjadi lebih berkualitas.

Kabar baiknya, semua agen contact center di VADS Indonesia adalah agen-agen terbaik. Karena para agen di VADS Indonesia wajib mengikuti pelatihan dari trainer-trainer berpengalaman dan terpercaya di dunia contact center hingga mereka siap untuk mulai bekerja. Dengan menggunakan layanan dari VADS, anda akan mendapatkan agen contact center yang terbaik untuk perusahaan Anda dan juga tentang bagaimana mengembangkan bisnis untuk perusahaan Anda. Karena semua itu telah dikerjakan oleh VADS Indonesia. Tingkatkan bisnis Anda sekarang juga dengan layanan contact center dari VADS Indonesia dan raih kesuksesan bersama dengan VADS Indonesia.

 

 

Source :

Blog.hubspot.com

Articles

Strategi Membangun Hubungan Pelanggan

Dipos pada 23 Feb 2021

Salah satu hal terpenting dalam menjalankan bisnis dan usaha adalah memperhatikan para pelanggan dan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Hubungan yang baik dengan pelanggan akan membuat perusahaan mengetahui informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan, keluhan yang dialami oleh pelanggan, serta tingkat kepuasan yang pelanggan miliki terhadap produk dan layanan perusahaan. Hal tersebut penting dilakukan oleh pemilik bisnis untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan sehingga perusahaan dapat menyediakan produk dan layanan tepat guna sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya.

Pelanggan merupakan elemen utama dan juga aset paling berharga yang dimiliki oleh perusahaan. Semakin banyak perusahaan memiliki pelanggan, maka perusahaan tersebut akan semakin berkembang. Sehingga penting perusahaan harus bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan agar terciptanya loyalitas pelanggan. Dibutuhkan strategi yang tepat dalam membangun hubungan dengan pelanggan agar hubungan yang dibangun menjadi baik. Tertutama di era digital ini, persaingan bisnis tidak hanya berkutat pada inovasi produk dan layanan yang diciptakan saja, namun juga memperebutkan posisi dan hati para pelanggannya merupakan elemen penting untuk kemajuan perusahaan. Berikut ini strategi yang bisa digunakan untuk membangun hubungan pelanggan:

  1. Menanggapi Pelanggan dengan Cepat

Dalam membangun hubungan dengan pelanggan, tentunya dibutuhkan komunikasi yang baik dan tepat. Perusahaan harus bisa memberikan pelayanan kepada para pelanggannya dengan respon yang cepat dan kapanpun para pelanggan membutuhkan bantuan selama 24/7. Pelanggan harus mendapatkan prioritas supaya puas terhadap layanan dari perusahaan. Pada era digital seperti saat ini, perusahaan harus bisa berkomunikasi dengan menggunakan berbagai channel. Tentunya untuk mempermudah menjangkau para pelanggan di masing-masing platform.

  1. Menginformasikan Produk dan Layanan Terbaru

Perusahaan harus bisa memberikan informasi mengenai pengetahuan baru dan menarik bagi pelanggan. Dalam memberikan informasi produk dan layanan terbaru dari perusahaan, gunakan narasi yang tepat sasaran dan juga padat informasi. Membangun hubungan dengan pelanggan salah satunya dengan memberikan informasi mengenai produk dan layanan terbaru kepada pelanggan dapat melalui telepon, email, ataupun media sosial sehingga pelanggan mengetahui informasi terbaru tersebut.

  1. Memperlakukan Pelanggan Secara Personalisasi

Pelanggan yang loyal adalah salah satu aset penting perusahaan. Perusahaan harus bisa mengkategorisasikan pelanggan secara tepat sehingga dalam penyampaian pesannya ddapat lebih personal sehingga pelanggan merasa diperhatikan. Cara lain dalam personalisasi adalah dengan merespon komentar yang diajukan oleh pelanggan di media sosial atau media lain sehingga pelanggan merasa didengar sehingga hal tersebut membuat hubungan dengan pelanggan semakin baik.

  1. Memberikan Sesuatu yang Melebihi Harapan

Pelanggan membeli sebuah produk atau layanan perusahaan tentunya memiliki ekspektasi terkait dengan produk atau layanan tersebut. Disini, perusahaan harus bisa memenuhi ekspektasi pelanggan tersebut dan juga perusahaan perlu meningkatkan standar lebih dari apa yang ditawarkan. Misalnya dengan memberikan penawaran atau promosi lebih dari yang ditawarkan sehingga dapat memberikan kepuasan melebihi apa yang pelanggan duga. Ketika pelanggan memiliki kesan yang baik terhadap perusahaan, maka pelanggan akan kembali lagi untuk membeli produk dan layanan perusahaan.

  1. Memberikan Hadiah

Salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan adalah dengan memberkan hadiah. Pemberian hadiah ini diprioritaskan untuk pelanggan setia, namun perusahaan juga harus bisa memberikan hadiah kepada pelanggan yang baru sebagai apresiasi karena menggunakan produk dan layanan dari perusahaan. Hadiah yang ditawarkan bisa berupa voucher, diskon, poin, souvenir, atau penawaran khusus lainnya sebagai ungkapan terima kasih kepada pelanggan dan bukti kepedulian perusahaan terhadap pelanggannya. Pemberian hadiah atau reward ini dapat menarik perhatian pelanggan sehingga membuat mereka akan semakin dekat dengan perusahaan.

  1. Menjaga Loyalitas Pelanggan

Perusahaan juga harus bisa fokus terhadap pelanggan setianya dan harus bisa dipertahankan. Pelanggan yang setia akan menjadi pendukung utama sebagai media promosi mengenai produk dan layanan perusahaan kepada lingkungan terdekatnya. Sehingga penting untuk menjaga loyalitas pelanggan.

  1. Meminta Feedback atau Testimoni Pelanggan

Perusahaan harus bisa mencari tanggapan pelanggan untuk dapat meningkatkan layanan sehingga akan mendapatkan kepuasan pelanggan dengan harapan pelanggan dapat melakukan pembelian berulang dan meningkatkan penjualan. Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan feedback dan testimoni seperti menyebarkan kuesioner, mengadakan kuis di media sosial, dan juga bisa melakukan wawancara langsung. Pelanggan biasanya akan suka memberikan pendapat terkait produk dan layanan yang sudah mereka gunakan, sehingga dari feedback tersebut perusahaan bisa menemukan solusi terbaru dari produk dan layanan perusahaan supaya semakin disukai oleh para pelanggan.

  1. Meningkatkan Customer Experience

Pelanggan sangat memperhatikan bagaimana perusahaan tersebut menyelesaikan masalah yang dialaminya dan mengetahui update proses penanganan yang dilakukan oleh perusahaan. Dibutuhkan customer service dan customer experience yang baik dan juga mudah dihubungi oleh pelanggannya sehingga pelanggan dengan mudah dapat terhubung dan komunikasi dengan perusahaan terkait informasi yang dibutuhkan atau kendala yang dirasakan. Perusahaan harus bisa meningkatkan customer experience nya agar memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan.

Itulah berbagai strategi yang bisa diterapkan perusahaan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggannya. Berbagai keuntungan tentunya akan didapatkan apabila perusahaan dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggannya seperti akan meningkatkan nilai bisnis, promosi penjualan dengan word of mouth bisa lebih efektif, mendapatkan inovasi bisnis dari masukan para pelanggan, serta dapat meningkatkan profit dalam jangka panjang. Selalu utamakan pelanggan dalam bisnis perusahaan agar dapat berjalan lancar dalam jangka waktu yang panjang.

Membangun hubungan pelanggan yang baik adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah bisnis. VADS Indonesia bisa membantu perusahaan Anda untuk membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan yang baik. Berbagai keunggulan yang dimiliki untuk menangani pelanggan dengan menggunakan voice ataupun teknologi digital dapat mempermudah pekerjaan perusahaan Anda terutama dalam membangun hubungan pelanggan. Selain itu, perusahaan Anda dapat lebih cepat dalam berinteraksi dengan konsumen sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan konsumen dengan berbagai pertanyaan yang diajukan dan meresponnya dengan cepat sehingga hal tersebut dapat membuat konsumen senang karena mendapatkan jawaban atau solusi yang dibutuhkan dengan cepat. Teknologi tersebut juga dapat berfungsi selama 24 jam sehingga kapanpun dan jam berapapun pelanggan bertanya, akan dengan cepat dan mudah dijawab. Hal tersebut dapat membuat konsumen senang dan puas sehingga dapat meningkatkan customer experience untuk perusahaan Anda. Kunjungi www.vads.co.id atau hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lanjut untuk membantu perusahaan Anda dalam membangun dan meningkatkan hubungan pelanggan. 

 

Articles

Manajemen Kecerdasan Emosional yang Baik untuk Contact Center

Dipos pada 19 Feb 2021

Contact center customer service adalah salah satu wajah perusahaan Anda. Contact center merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam memelihara hubungan yang ada antara perusahaan dengan pelanggan sehingga dapat mempengaruhi persepsi pelanggan atau publik mengenai perusahaan. Sebagai contoh apabila permasalahan yang dialami pelanggan tidak ditangani dengan keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan maka pelanggan akan merasa tidak nyaman sehingga persepsi nya kepada perusahaan akan berubah secara keseluruhan dan berdampak pada mempangaruhi keputusan mereka untuk meninggalkan produk atau layanan perusahaan. Sehingga dibutuhkan contact center sebagai wajah perusahaan karena dalam realita operasionalnya, mereka yang sering kali menangani dan juga berkomunikasi dengan pelanggan secara langsung.

Pandemi ini dengan jelas memperlihatkan bahwa perusahaan yang peduli dengan pelanggan mereka dan memberika keunggulan layanan pelanggan membuat perusahaan tersebut dapat bertahan di tengah pandemi ini. Pelanggan mengharapkan mendapatkan respons cepat dari perusahaan dan tidak hanya itu, perusahaan juga harus menemukan solusi alternatif seperti mengatur panggilan atau menyediakan staf yang memadai saat pelanggan membutuhkan dukungan tersebut. Dalam hal ini tidak dipungkiri bahwa peran agen contact center sangat penting dalam perusahaan sebagai salah satu strategi meningkatkan layanan pelanggan kepada para pelanggan perusahaan. Selain menjadi garda terdepan, agen contact center juga menjadi brand image bagi perusahaan sehingga, agen contact center harus menguasai beberapa skill tertentu dalam berhadapan langsung dengan pelanggan, salah satunya adalah dalam pengelolaan emosional. Apabila agen contact center tidak memiliki kemampuan ini, maka akan berisiko kehilangan pelanggan karena layanan yang diterima oleh pelanggan mengecewakan.

Diperlukan agen contact center yang professional dengan sikap mental, pengetahuan, dan juga keterampilan yang baik dalam melayani pelanggan terutama melalui telpon agar dapat memberikan pelayanan yang memuaskan. Agen contact center harus memiliki manajemen emosi yang baik karena dalam sehari, seorang agen contact center menerima berbagai panggilan telepon dari pelanggan yang tidak hanya membutuhkan informasi, namun juga menyampaikan keluhan dengan berbagai emosi seperti terburu-buru, teriak, memarahi, atau bahkan kesal. Dalam situasi tersebut, tentunya agen contact center yang baik harus tetap tenang dan professional dalam melayani pelanggan. Kemampuan seperti ini juga termasuk bagaimana caranya seorang petugas contact center tetap terdengar ramah ditengah-tengah pelanggan yang terus meminta dilayani dengan cepat sehingga sebagai agen contact center harus bisa menjaga supaya tidak terpancing emosi juga.

Diperlukan pendengar yang baik untuk meredakan potensi masalah supaya masalah yang dialami oleh para pelanggan tidak semakin meningkat. Pelanggan ingin dipahami dan dalam hal ini dibutuhkan perasaan empati yang nyata dari petugas contact center untuk membagikan pengalaman pelanggan yang baik. Sebagai contoh, ketika pelanggan kesal terhadap perusahaan atau agen contact center karena mereka melakukan kesalahan, sangat penting bagi agen contact center dapat meredakan ketegangan emosional dari hubungan tersebut dengan sabar dan tentunya menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pelanggan tersebut. Agen contact center harus dapat mengetahui kapan harus melanjutkan ke topik berikutnya atau kapan harus kembali ke topik sebelumnya. Agen contact center harus bisa memastikan bahwa pelanggan memahami informasi yang dia berikan sehingga pelanggan merasa nyaman dengan komentar dan penjelasan yang diberikan oleh agen contact center tersebut.

Dengan memiliki manajemen emosi yang baik, agen contact center dapat memberikan solusi dan memberikan informasi yang tepat bagi pelanggan. Beberapa hal yang dapat diperhatikan oleh agen contact center seperti nada bicara, berbicara dengan hati-hati, dan juga kecepatan bicara yang tepat serta penggunaan bahasa yang tepat agar tidak terjadi kesalah pahaman pesan yang diterima oleh pelanggan.  

Berbagai hal tersebut tentunya juga diperhatikan oleh VADS Indonesia. VADS Indonesia menyediakan agen contact center terbaik karena berpengalaman dan terlatih. VADS Indonesia juga menyediakan pelatihan dari trainer berpengalaman dan tersertifikasi di dunia contact center sehingga agen contact center yang disediakan oleh VADS Indonesia telah siap untuk mulai bekerja. Selain memenuhi kriteria skill yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda , agen contact center VADS Indonesia juga memiliki keahlian multi language sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Malaysia, Thailand, Tagalog dan bahasa lainnya. Background pendidikan agen contact center di VADS Indonesia juga disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan industri perusahaan Anda.

Dengan menggunakan layanan dari VADS Indonesia, perusahaan Anda akan mendapatkan agen contact center yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dan dapat mengembangkan bisnis Anda. Tingkatkan bisnis Anda sekarang juga dengan layanan contact center baik secara full outsource maupun managed service. Hubungi marketing@vads.co.id untuk informasi lebih lengkap.

Articles

Mengenal Berbagai Istilah dalam Virtual Assistant

Dipos pada 16 Feb 2021

Berbicara dengan virtual assistant menjadi salah satu cara para pelanggan berkomunikasi dengan perusahaan. Virtual assistant juga merupakan salah satu media yang digunakan perusahaan untuk memberikan respons yang tercepat kepada pelanggan dan juga kapanpun pelanggan menghubungi perusahaan. Chatbot dan Voicebot menjadi salah satu trend yang digunakan oleh perusahaan terutama dalam melayani pelanggan memang menjadi salah satu inovasi yang diminati baik oleh perusahaan maupun pelanggan.

Cara kerja Chatbot dan Voicebot memungkinkan komputer atau mesin dapat merespon percakapan dengan memahami, belajar, dan juga berinteraksi layaknya seorang agen contact center. Hal ini berkat kemampuan Chatbot dan Voicebot yang disisipkan Artificial Intelligence didalamnya sehingga dapat terus belajar dan berkembang dalam merespons percakapan pelanggan.

Berikut in merupakan beberapa terminologi umum terkait Chatbot dan Voicebot yang bisa Anda pahami ketika berhubungan dengan Chatbot dan Voicebot :

  1. Chatbot

Perangkat lunak yang secara otomatis menjawab pertanyaan dari pelanggan dengan menggunakan bahasa yang alami sebagai komunikasi dan interaksi tersebut.

  1. Voicebot

Merupakan chatbot tingkat lanjut yang berinteraksi dengan pelanggan menggunakan suara atau lisan. Namun bisa juga menggunakan kombinasi suara dan text tertulis atau terkadang tanpa menggunakan grafis apapun atau hanya suara saja.

  1. Artificial Intelligence

Sistem komputer yang mampu melakukan tugas yang membutuhkan kecerdasan manusia seperti pengenalan ucapan, pemahaman, penerjemah bahasa, hingga pengambilan keputusan.  

  1. Machine Learning

Sistem ini didasarkan pada algoritma yang membuat komputer atau mesin mampu belajar secara mandiri dari data yang diberikan. Machine Learning dalam chatbot dan voicebot berfungsi untuk meningkatkan kemampuan chatbot dalam menjawab pertanyaan pelanggan yang kompleks dari waktu ke waktu sehingga dapat melatih mesin merekomendasi dan memberikan jawaban yang tepat saat pelanggan berbicara dengan bot.

  1. Natural Language Processing (NLP)

Dengan kata lain adalah pemrosesan bahasa alami adalah bidang dalam Artificial Intelligence yang berhubungan dengan pengajaran komputer bagaimana dapat memahami dan menghasilkan ucapan dalam bahasa secara alami sehingga seperti berkomunikasi dengan manusia.

  1. Natural Language Understanding (NLU)

NLU adalah subbidang NLP yang berfokus pada pemahaman ucapan manusia yaitu dengan menganalisis dan mengekstraksi informasi darinya. Ini digunakan pada chatbot dan voicebot yang didukung AI untuk memahami pertanyaan pelanggan dan menjawabnya dengan tepat.

  1. Deep Learning

Algortime yang digunakan dalam pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan untuk mendapatkan wawasan.

  1. Image Recognition

Proses mengidentifikasi dan mendeteksi objek atau fitur gambar dan video digital untuk melakukan tugas visual berbasis mesin.

  1. Voice Recognition

Suatu pengembangan teknik dan sistem yang memungkinkan komputer untuk menerima masukan berupa kata yang diucapkan dengan cara digitalisasi kata dan mencocokkan sinyal digital tersebut dengan suatu pola tertentu yang disimpan di dalam perangkat. Hasil dari identifikasi pola tersebut akan terbaca oleh perangkat teknologi sebagai sebuah perintah untuk melakukan sesuatu.

  1. Human Takeover

Jika chatbot gagal, dapat dibackup oleh operator manusia yang mendukung dan mengendalikan percakapan. Faktanya memang chatbot dan voicebot tidak dapat menyelesaikan semua permasalahan terutama masalah yang belum diprogram atau yang lebih kompleks. Sehingga campur tangan manusia sangat membantu dan membuat pengalaman pelanggan tetap berjalan dengan baik (Human Augmented Bot)

Berbagai kemajuan dan perkembangan dalam kecerdasan buatan yang dimiliki Chatbot dan Voicebot membuat perannya semakin penting untuk perusahaan. Chatbot dan Voicebot juga dapat menghasilkan informasi dan juga data yang real time yang dibutuhkan oleh perusahaan sehingga perusahaan dapat meningkatkan layanan pelanggannya dan menghasil produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggannya. Berbagai teknologi yang ada di dalam Chatbot dan Voicebot membuat keduanya dapat merespon dan menanggapi dengan cepat sehingga jumlah percakapan yang diterima semakin meningkat.

VADS Indonesia dapat membantu perusahaan Anda untuk lebih optimal dalam memberikan layanan kepada pelanggan dengan menyediakan solusi Chatbot dan Voicebot serta Human Augmented Bot, yaitu chatbot dan voicebot yang dilengkapi dengan agen contact center untuk mlengkapi layanan pelanggan perusahaan Anda. Segera hubungi marketing@vads.co.id untuk diskusi dan konsultasi mengenai solusi yang tepat untuk meningkatkan layanan pelanggan perusahaan Anda semakin lebih optimal dan lebih produktif serta lebih efisien.

 

 

Source :

Chatbotsjournal.com

Ometrics.com

 

Bersama melangkah lebih maju untuk masa depan bisnis Anda.

Hubungi kami segera untuk mengetahui bagaimana VADS dapat membantu meningkatkan bisnis Anda.

Saya Tertarik